TEKNOLOGI GAME
Pendahuluan
Game merupakan hal yang
sangat menyenangkan bagi seseorang disaat seseorang dan juga sebagai penghilang
stress dan penat dari rutinitas sehari-hari. Di zaman modern sekarang ini
semakin berkembangnya teknologi orang-orang menjdi semakin banyak yang
menggunakan menggunakan gadget seperti smartphone, komputer, laptop, dan
gadget-gadget lainnya .Seiring dengan itu orang-orang semakin kreatif dengan
berkembangnya ide-ide untuk membuat berbagai aplikasi-aplikasi salah satunya
yaitu aplikasi game.
Pada saat ini sudah banyak sekali aplikasi game yang
dibuat diberbagai macam platform OS seperti Widows,IOS,Android,MAC OS, dll.
Perkembangan game saat ini sangat berkembang pesat karena banyak sekali
orang-orang yang memakai aplikasi game. Game saat ini sangat menarik mulai dari
bentuk visual,suara, dan sistemnya sangat berkembang. Perkembangan ini tidak
lepas dari suatu ilmu yang mempelajari
dan mengembangkan suatu game.
Pengertian
teknologi game
Teknologi Game
mempelajari tentang bagaimana sebuah game itu di buat hingga bisa dimainkan
oleh orang banyak. Mulai dari merancang cerita yang ada pada game, merancang
sistem pelevelan, merancang model karakter yang ada pada game, membuat animasi
dan storyboard, merancang user interface, melakukan tugas-tugas programming,
hingga proses produksi game tersebut dan distribusinya. Dalam pembuatan game
dibutuhkan programmer, designer, music composer, dll. Progammer sendiri
bertugas untuk membuat logic dalam game, aspek grafis, kecerdasan buatan dalam
game, membuat efek-efek seperti tumbukan, juga membuat game tools. Sedangkan
designer bertugas untuk membuat konsep art dari game, membuat 2D dan 3D model,
serta animasi / karakter dari game. Progammer bekerja dengan banyak penalaran
(left brain) dan designer dengan feeling (right brain). Sedangkan untuk music
composer bertugas untuk mengatur berbagai hal berkaitan dengan suara dalam game.
Suatu
game memiliki tools/engine yang sangat dibutuhkan dalam pembuatannya, jadi game
engine merupakan mesin penggerak jalannya suatu program game. Dalam game engine
terdapat fungsi-fungsi yaitu Rendering Engine, Physical Engine, Sound Script,
Animation, Artificial Intelligence, Network, Streaming, Memory Management, dan
Scene Graph.
Pada pembuatan game
dibutuhkan berbagai elemen pada Game Engine seperti:
1. Tools
untuk penulisan data seperti 3D model editor, level editor ataupun graphic
design.
2. ystem
untuk melakukan komunikasi dengan hardware dari game tersebut. Dalam system
dilakukan inisialisasi, update, dan pengnonaktifkan sub system.
3. Console
mempermudah untuk mengubah setting game atau setting game engine tanpa perlu
melakukan restart pada game.
4. Support
yang berisi berbagai rumus matematika seperti vector, matrix, memory manager,
yang merupakan dasar dari game engine.
5. Game
Interface merupakan perantara antara game engine dan game itu sendiri, sehingga
memudahkan jika ingin dilakukan perubahan.
6. Engine
core yang berisi Visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static
Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox,
Lighting, Fogging, Vertex Shading
Bisnis dalam
game komputer
Game
merupakan sarana hiburan di tengah padatnya aktvitas yang dilalui. Namun, game
ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan hobi para
gamer ini, tentu terdapat peluang untuk mendapatkan profit. Bisnis dalam game
komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat
ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu
sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game
online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games
berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang
untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan
tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan
istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan,
adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal
memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game
online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan
fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Game/permainan
adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa. Game
berarti “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai
“kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa
diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang
ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu,
merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal.
Beberapa
waktu lalu istilah “game” yang dalam bahasa Indonesia adalah “permainan”
identik dengan anak-anak selaku pemain. Tentunya dalam permainan itu
suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat
menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran,
kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan
sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang
terdapat di komputer, baik off line maupun online.
Saat ini
perkembangan games di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game
berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para
pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat.
Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau
sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat
intelektual para penggunanya.
3D engine
dan scenegraph
3D engine
adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan dirancang untuk menciptakan dan
mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin
permainan mencakup mesin render (renderer) untuk 2D/3D grafis.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D.
Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene. Di dalam api Java3D didefinisikan sejumlah kelas dan interface yang menyediakan beragam operasi grafik 3D.
Konsep scene graph merupakan inti dari Java3D. Sebuah scene graph merupakan g rafik yang mempresentasikan geometri, material, dan pencahayaan. Scene graph dimulai dari root dengan sebuah Virtual Universe dan mencakup transformasi serta geometri untuk mendefinisikan objek di dunia maya. Secara garis besar, ada tiga tahap fundamental yang diperlukan untuk menghasilkan objek 3D, yaitu:
1.
Menciptakan
objek Canvas3D
2.
Menciptakan
sebuah scene graph
3.
Menghubungkan
objek Canvas3D ke objek BranchGroup yang menunjuk root dari scene graph
Desain skenario, skrip, storyboard
Desain
Skenario
Skenario adalah urutan
cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan
yang diinginkan. Kalau dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar
untuk membuat game adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario
game. Skenario game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan
skenario game dapat mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat.
Skenario game adalah sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian –
kejadian dalam game. Kalau skenario menentukan interior dan eksterior, dekor,
pemain, dan studio, serta pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan
program game, grafik, tokoh, animasi, suara, dan musik.
Skrip
Dalam pemrograman
komputer, naskah adalah sebuah program atau urutan instruksi yang
ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada oleh komputer
prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam tingkat
kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi interpreter; skrip
biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks dan hasil
skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks itu.
Storyboard
Storyboard adalah
visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan
gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual
script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot
yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak
digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif
lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika
dalam tahap perancangan /desain.
Artificial
Intelligence dalam Game
Salah satu
unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan
kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin
layaknya manusia karena memiliki suatu kondisi yang ditanamkan pada AI
tersebut.
Game AI
adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik
sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan
tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan
buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan
interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk
berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Jaringan
Syaraf Buatan (Artificial Neural Networks), Merupakan
sekelompok jaringan saraf (neuron) buatan yang menggunakan model matematis atau
komputasi untuk pemrosesan informasi berdasarkan pendekatan terhubung pada
komputasi. Pada kebanyakan kasus, JST merupakan sistem adaptif yang merubah
strukturnya berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir
melalui jaringan tersebut.
Logika
Fuzzy (Fuzzy Logics), Logika fuzzy adalah salah satu
komponen pembentuk soft computing. Logika fuzzy pertama kali diperkenalkan oleh
Prof. Lotfi A. Zadeh. Dasar logika fuzzy adalah teori himpunan fuzzy.
Algoritma Genetik
(Genetic Algorithms), Algoritma Genetik biasanya digunakan dibidang Kedokteran,
misal untuk menganalisis DNA.
Robotika
(Robotics), AI ini banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk melakukan
kegiatan otomatisasi, misal dalam PLC (Programmable Logic Contro
Permainan
Komputer (Games), AI jenis ini yang paling disukai oleh anak-anak, misal
untuk memainkan game Age of Mythology atau Counter Strike.
Comments