Pengertian dan perbedaan E-Commerce & E-Business
PENDAHULUAN
Jaringan internet membuat interaksi dalam berbisnis menjadi
multi-aspek dan sangat berkembang. Penjual maupun pembeli dapat melakukan kegiatan
berbisnis, seperti membeli sesuatu, bertransaksi, dan menjalankan fungsi-fungsi
dan fitur bisnis yang berbasis website. Konsumen dan pemilik/pengelola bisnis
dapat mendapatkan dan melakukan apa yang mereka inginkan tanpa harus
meninggalkan beranjak dari tempat duduk, selama terhubung dengan internet.
Berhubungan dengan interaksi jula beli pada website mulailah
dikenal juga istilah yaitu e-business
dan e-commerce yang seringkali
terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meskipun
berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda. Transaksi diadakan secara
elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya
perkembangan komunikasi digital.
E-commerce yaitu suatu transaksi
bisnis melalui internet dimana bermacam-macam pihak yang terlibat melakukan
penjualan atau pembelian. Pada dasarnya transaksi yang dilakukan e-commerce
melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerahterimaan (handing over)
kepemilikan dan hak atas produk atau jasa. Secara teknis, e-commerce
hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business
adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung
kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan
pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database
terpusat juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis
hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang
dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas
pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam
bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb.,
tercakup
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide
kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan
pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian
takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka
terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.
Kesimpulan yang dapat
disimpulkan adalah:
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce
hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis
seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan
uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
4. E-business
melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.
Comments