PEMODELAN GRAFIK

KONSEP PEMODELAN GRAFIK




Pengertian Desain
   Desain adalah proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru dari suatu pemkiran dan imajinasi kreatif seorang designer untuk menciptakan sebuah karya , yang dapat berupa sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Desain juga dapat diartikan sebagai proses untuk menggambar, merancang, membuat dan menciptakan obyek baru untuk membuat suatu produk ataupun karya seni.

Pengertian Pemodelan Grafis
   Pemodelan  merupakan proses membentuk suatu benda-benda atau obyek, membuat, mendesain , dan merancang obyek tersebut agar terkesan seperti nyata dan hidup. Pemodelan juga dapat diartikan sebagai pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya gambaran suatu obyek. Proses pemodelan memerlukan beberapa perancangan dengan langkah saat proses pembuatannya.

  Kemudian pengertian dari grafis adalah mengacu  pada gambar, garis(line), bentuk(shape), lengkungan yang digabungkan menjadi satu membentuk sebuah bangun atau produk yang dapat berupa 1 dimensi, 2 dimensi, ataupun multidimensi . Grafik juga dapat didefinisikan sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan.  Grafik komputer adalah proses pembuatan obyek menggunakan bantuan software komputer yang khusus dibuat untuk membantu membuat grafik komputer.

  Kesimpulan dari penjelasan tersebut dapat diartikan Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software komputer.
Prinsip desain grafis : Kesederhanaan : Bentuk desain tidak terlalu rumit agar dapat  
                                      menjadi lebih menarik.
                                      Keseimbangan   : Keadaan atau kesamaan suatu obyek  dan 
                                      menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
                                      Kesatuan            : Perpaduan dari kohesi, konsistensi, 
                                      ketunggalan atau   keutuhan, yang merupakan pokok dari
                                      komposisi.
                                      Penekanan          : Dimaksudkan untuk menarik perhatian
                                      pembaca, agar tertarik membaca dan memahami desain yang
                                      dimaksudkan.
                                      Ritme                  : merupakan selisih antara dua wujud yang
                                      terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu beruntun yang
                                      sama.
Unsur desain grafis : Garis      : unsur yang menghubungkan antara satu titik poin
                                      sehingga membentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
                                     (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk
                                      atau konstruksi desain
                                     Bentuk  : unsur yang memiliki diameter,panjang , tinggi, luas,
                                     volume dan lebar.
                                     Tekstur : merupakan permukaan (corak) dari suatu benda yang
                                     dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
                                     Ruang  : merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk
                                     lainnya. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
                                     digolongkan menjadi 2 yaitu obyek dan latarbelakang.
                                     Ukuran  : adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan
                                     besar kecilnya suatu obyek, agar dapat menciptakan kontras
                                     dan penekanan (emphasis) pada obyek desain.
                                     Warna    :  unsur untuk menampilkan identitas, menyampaikan
                                     pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual
                                     secara jelas.Warna dibedakan menjadi 2, yaitu warna yang
                                     ditimbulkan sinar (Additive color/RGB) yang digunakan pada
                                     warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat
                                     dengan unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang
                                     biasanya digunakan dalam proses  pencetakan gambar ke
                                     permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat DHCP,DNS, dan WEB server pada Packet Tracer

Integrasi Streaming VLC PC & Android

Pengantar Komputer Parallel

TEORI KOMPUTASI