PEMODELAN GRAFIK
KONSEP PEMODELAN GRAFIK
Pengertian Desain
Desain adalah proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru dari suatu pemkiran dan imajinasi kreatif seorang designer untuk
menciptakan sebuah karya , yang dapat berupa sebuah rencana, proposal, atau
berbentuk obyek nyata. Desain juga dapat diartikan sebagai proses untuk
menggambar, merancang, membuat dan menciptakan obyek baru untuk membuat suatu
produk ataupun karya seni.
Pengertian Pemodelan
Grafis
Pemodelan merupakan proses membentuk suatu
benda-benda atau obyek, membuat, mendesain , dan merancang obyek tersebut agar
terkesan seperti nyata dan hidup. Pemodelan juga dapat diartikan
sebagai pola atau contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau
dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan dibentuknya gambaran suatu obyek.
Proses pemodelan memerlukan beberapa perancangan dengan langkah saat proses
pembuatannya.
Kemudian pengertian dari grafis
adalah mengacu pada gambar, garis(line), bentuk(shape), lengkungan
yang digabungkan menjadi satu membentuk sebuah bangun atau produk yang dapat
berupa 1 dimensi, 2 dimensi, ataupun multidimensi . Grafik juga
dapat didefinisikan sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk
huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan.
Grafik komputer adalah proses pembuatan obyek menggunakan bantuan software
komputer yang khusus dibuat untuk membantu membuat grafik komputer.
Kesimpulan dari penjelasan tersebut dapat diartikan
Desain Pemodelan Grafik adalah proses merencanakan atau merancang, membuat
objek baru kemudian memproses obyek tersebut menjadi suatu bentuk yang
diinginkan dengan bantuan software komputer.
Prinsip desain grafis
: Kesederhanaan : Bentuk desain
tidak terlalu rumit agar dapat
menjadi lebih menarik.
Keseimbangan : Keadaan atau
kesamaan suatu obyek dan
menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
Kesatuan
: Perpaduan
dari kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan pokok dari
komposisi.
komposisi.
Penekanan
: Dimaksudkan untuk
menarik perhatian
pembaca, agar tertarik membaca dan memahami desain yang
dimaksudkan.
pembaca, agar tertarik membaca dan memahami desain yang
dimaksudkan.
Ritme
: merupakan selisih antara dua wujud yang
terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu beruntun yang
sama.
terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu beruntun yang
sama.
Unsur desain grafis :
Garis : unsur yang menghubungkan antara satu titik
poin
sehingga membentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk
atau konstruksi desain
sehingga membentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus
(straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk
atau konstruksi desain
Bentuk : unsur yang memiliki diameter,panjang , tinggi, luas,
volume dan lebar.
volume dan lebar.
Tekstur : merupakan permukaan (corak)
dari suatu benda yang
dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Ruang
: merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk
lainnya. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi 2 yaitu obyek dan latarbelakang.
lainnya. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang
digolongkan menjadi 2 yaitu obyek dan latarbelakang.
Ukuran : adalah unsur lain dalam
desain yang mendefinisikan
besar kecilnya suatu obyek, agar dapat menciptakan kontras
dan penekanan (emphasis) pada obyek desain.
besar kecilnya suatu obyek, agar dapat menciptakan kontras
dan penekanan (emphasis) pada obyek desain.
Warna : unsur
untuk menampilkan identitas, menyampaikan
pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual
secara jelas.Warna dibedakan menjadi 2, yaitu warna yang
ditimbulkan sinar (Additive color/RGB) yang digunakan pada
warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat
dengan unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang
biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke
permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.
pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual
secara jelas.Warna dibedakan menjadi 2, yaitu warna yang
ditimbulkan sinar (Additive color/RGB) yang digunakan pada
warna lampu, monitor, TV dan sebagainya, dan warna yang dibuat
dengan unsur tinta atau cat (Substractive color/CMYK) yang
biasanya digunakan dalam proses pencetakan gambar ke
permukaan benda padat seperti kertas, logam, kain atau plastik.
Comments