PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN GRAFIS

PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN GRAFIS



Perkembangan Desain Grafis di berbagai media
   Desain grafis merupakan suatu komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan suatu informasi.Desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, danpage layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.


   Desain grafis memiliki proses pembuatan dari merancanakan,merancang, dan mendesain untuk menghasilkan produk yang diinginkan. desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media tulis, seperti buku, majalah, dan brosur. Seiring dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik  yang disebut dengan istilah  desain interaktif ataupun desain multimedia.

Pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam membuat Desain Pemodelan Grafis
   Kebudayaan adalah suatu kebiasaan suatu daerah yang diwariskan turun temurun dari para pendahulu melalui proses pembelajaran yang telah mendarah daging. Kebudayaan juga memberikan kontribusi dan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku masyarakat. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.

   Didalam suatu kebudayaan terdapat sub-budaya  yang lebih kecil yang mengidentifikasi dan mensosialisasi yang lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dibedakan menjadi 4 kelompok yaitu: -kelompok nasionalisme.
                           -kelompok keagamaan.
                           -kelompok ras.
                           -area geografis. 
   
   Sub-budaya dapat mempengaruhi pembentukan segmen pasar dan pemasar sering kali merancang produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen berdasarkan hasil survei dan riset untuk masing-masing kebudayaan suatu kelompok masyarakat.


   Pada perkembangan saat ini konsep branding telah dikembangkan dengan munculnya konsumerisme sebagai market tersebut, melihat bahwa orang cenderung untuk menanggapi sesuatu yang familiar ketika dihadapkan dengan banyak visual yang berbeda rangsangan. Para penjual berharap bahwa produk, merek, serta logo mereka akan menjadi sesuatu yang menarik dan memikat perhatian konsumen.



   Untuk menggapai tujuan, para penjual akan sangat kompetitif  pada lingkungan pasar, jika produk dan jasa yang dirancang memberikan kesan produk yang bermutu tinggi dan memilki nilai berarti bahwa desain mewakili suatu produk memberikan kesan yang canggih, yang dapat mengakibatkan bentrokan antara prinsip-prinsip estetika desainer dan rasa masyarakat umum atau kelompok sasaran. 

   Kelas-kelas sosial adalah masyarakat yang relatif permanen dan bertahan lama dalam lingkungan suatu masyarakat, yang tersusun secara hierarki dan keanggotaannya mempunyai nilai, minat dan perilaku yang serupa. Kelas sosial bukan ditentukan oleh satu faktor tunggal, seperti pendapatan, tetapi diukur dari kombinasi pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kekayaan dan gelar jabatan.



Desain Pemodelan Grafis dari segi Interaksi Manusia dan Komputer

   Estetika dari desain grafis dan tipografi adalah suatu peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel.Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Masih banyak orang yang berkembang pada penguasaan di bidang tersebut , dengan permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia.

   Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh













 

Comments

Popular posts from this blog

Membuat DHCP,DNS, dan WEB server pada Packet Tracer

Integrasi Streaming VLC PC & Android

Pengantar Komputer Parallel

TEORI KOMPUTASI