PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN GRAFIS
PENGARUH TEKNOLOGI TERHADAP PERKEMBANGAN GRAFIS
Perkembangan Desain Grafis di berbagai media
Desain grafis merupakan suatu komunikasi visual
yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan suatu informasi.Desain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan
gambar, danpage layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang
komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif.
Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan
bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada
berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan
seefektif mungkin.
Desain grafis
memiliki proses pembuatan dari merancanakan,merancang, dan mendesain untuk
menghasilkan produk yang diinginkan. desain grafis pada awalnya
diterapkan untuk media tulis, seperti buku, majalah, dan brosur. Seiring dengan
perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik yang disebut dengan istilah desain interaktif ataupun desain multimedia.
Pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam membuat Desain
Pemodelan Grafis
Kebudayaan adalah suatu kebiasaan suatu daerah yang
diwariskan turun temurun dari para pendahulu melalui proses pembelajaran yang
telah mendarah daging. Kebudayaan juga memberikan kontribusi dan pengaruh paling
luas dan dalam pada perilaku masyarakat. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai
dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota
masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Didalam suatu kebudayaan terdapat sub-budaya yang lebih kecil yang mengidentifikasi dan mensosialisasi yang
lebih spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dibedakan menjadi 4
kelompok yaitu: -kelompok nasionalisme.
-kelompok keagamaan.
-kelompok ras.
-area geografis.
Sub-budaya dapat mempengaruhi pembentukan
segmen pasar dan pemasar sering kali merancang produk dan program
pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen berdasarkan hasil survei
dan riset untuk masing-masing kebudayaan suatu kelompok masyarakat.
Pada perkembangan saat ini konsep branding telah dikembangkan
dengan munculnya konsumerisme sebagai market tersebut, melihat bahwa orang
cenderung untuk menanggapi sesuatu yang familiar ketika dihadapkan dengan
banyak visual yang berbeda rangsangan. Para penjual berharap bahwa produk, merek, serta logo mereka akan menjadi sesuatu yang menarik dan memikat perhatian konsumen.
Untuk menggapai tujuan, para penjual akan sangat
kompetitif pada lingkungan pasar, jika produk dan jasa yang dirancang
memberikan kesan produk yang bermutu tinggi dan memilki
nilai berarti bahwa
desain mewakili suatu produk memberikan kesan yang canggih, yang dapat
mengakibatkan bentrokan antara prinsip-prinsip estetika desainer dan rasa
masyarakat umum atau kelompok sasaran.
Kelas-kelas
sosial adalah masyarakat yang relatif permanen dan bertahan lama dalam
lingkungan suatu masyarakat, yang tersusun secara hierarki dan keanggotaannya
mempunyai nilai, minat dan perilaku yang serupa. Kelas sosial bukan ditentukan
oleh satu faktor tunggal, seperti pendapatan, tetapi diukur dari kombinasi
pendapatan, pekerjaan, pendidikan, kekayaan dan gelar jabatan.
Desain
Pemodelan Grafis dari segi Interaksi Manusia dan Komputer
Estetika dari desain grafis dan tipografi adalah suatu peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel.Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk
menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Masih banyak orang yang berkembang pada penguasaan di bidang tersebut , dengan permintaan cukup tinggi untuk orang dengan
latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan
beberapa keahlian ilmu manusia.
Suatu
alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan
tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin
dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat
kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan
komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem
sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh
Comments